Jumat, 12 Agustus 2016

Ingin kembali

Beberapa hari yl, saya kebetulan menerima tamu istimewa. Prof. Stephen Morgan dan istrinya Ibu Indah Morgan. Stephen adalah Dekan Fakultas Ilmu Sosial di Univ. Nottingham, Seorang profesor dalam bidang Sejarah Ekonomi China. Profil lengkap bisa dilihat disini.

Yang membuat saya kaget, istrinya, adalah orang Indonesia asli, AREMA mboiss loop. Rumahnya di belakang Bioskop Irama, yang saya sendiri nggak ngerti itu dimana. (update : ternyata emang sudah tutup). 



Ibu ini, terkesan sekali ingin menunjukkan "ke-Indonesiaan", dari cara berbusana, sikap dan berbicara, yang sesekali diselipi bahasa Jawa kromo inggil, menunjukkan bahwa beliau ingin di cap sebagai orang Indonesia.

Beliau bercerita tentang awal meninggalkan Indonesia tahun 1991, berkeliling ke 6 negara mengikuti tugas suaminya sebagai seorang pengajar. Beliau banyak cerita tentang betapa banyak diaspora Indonesia, yang dengan terpaksa atau dipaksaberganti kewarganegaraan, karena tidak punya pilihan lain dan hanya untuk sekedar bertahan hidup.

Ternyata banyak sekali diaspora Indonesia yang sukses, termasuk yang baru baru ini diangkat menjadi menteri, dan diantara mereka (ternyata) juga banyak yang ingin berbagi dengan masyarakat bangsa ini. Berbagi ilmu, jaringan, ketrampilan, apapun asalkan bisa bermanfaat untuk negeri ini.

Namun, perkara administratif, status kewarganegaraan, belum adanya jaringan kerjasama, terkadang menjadi kendala untuk bisa berbakti kembali untuk negeri.

Memang, jika sudah terlanjur pergi, kita harus siap untuk kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar