Rabu, 18 Maret 2015

Produktif - Kenapa susah.

Kita seringkali kebingungan dalam mengisi hari-hari, yang berujung tidak melakukan apa-apa alias tidak produktif. Ujung pangkal permasalahan ini adalah kealpaan kita dalam merumuskan cita-cita dan target. Klise memang, sok motivator, tapi memang itulah yang terjadi. Setiap membaca buku pengembangan diri pasti kita disarankan untuk mempunyai mimpi yang vivid, tertulis dan akuntabel, untuk kemudian menjadi pijakan kita dalam menentukan prioritas aktivitas sehari-hari.

Susah memang, untuk menjaga determinasi untuk selalu komit kepada rencana yang telah dibuat. Alih-alih bisa fokus, kita malah sering terdistraksi dan tereksitasi dengan beberapa hal yang kurang penting,semisal sosial media, browsing dan berpindah pada pekerjaan lain yang seharusnya belum waktunya dikerjakan, ada beberapa tips yang kadang saya pakai untuk lebih produktif.


  1. Buatlah tujuan/dream/visi yang Anda inginkan. Pekerjaan, sosial, hubungan/network, pengembangan diri, ibadah dsb. Jika Anda sudah gagal dalam fase ini, ketahuilah, ini penyebab utama dari tidak produktif dan terlalu banyak membuang waktu. 
  2. Pecah tujuan Anda menjadi beberapa milestone/target. Kemudian uraikan kembali target tersebut menjadi target harian. Buat semudah mungkin untuk dicapai. 
  3. Fokus untuk menyelesaikan pekerjaan Anda!. Jangan pernah berpindah kepada target yang lain jika pekerjaan Anda belum tuntas. Ini adalah fase tersulit, tapi memang harus dilatih.
  4. Tempelkan pada  media yang mudah terlihat. Sticky note, atau di layar monitor Anda. Jadikan sticky note ini adalah sebuah anchor untuk menjaga fokus Anda.
  5. Jangan akses sosial media atau browsing. Kecuali untuk mengusir kantuk.
  6. Berdoa!. Hanya Ia lah yang menjaga, mencipta dan menakdirkan semua aktifitas kita. Kita memohon, agar semua kegiatan kita bermanfaat. 

Apa yang saya tuliskan tidak lantas membuat saya/org yang membaca, menjadi gila kerja. Sama sekali tidak. Semua tergantung impian, cita-cita yang menjadi tujuan hidup.

Hanya itu, semoga bisa SAYA terapkan sendiri. Selamat menemukan dan menikmati ZONA NYAMAN

1 komentar:

  1. You can create rings, brooches, bracelets, earrings, cufflinks, tie clips, necklaces, belt heads, and even bow ties with CNC machines. Out of the many potential CNC product ideas, jewellery is predicted to have continued gross sales progress as more clients demand distinctive and bespoke pieces which small CNC studios are Portable Washer perfectly-placed to create. This is considered the lifeblood of CNC gear since it's responsible for all of the controlling action. It then controls the pace and initiates swap on and swap off instructions.

    BalasHapus