Minggu, 25 September 2016

Pembelajaran Tanpa Kertas

Saya belajar setiap hari dan biasanya saya menggunakan kertas sebagai salah satu media utama. Namun, akhir-akhir ini saya mencoba untuk menjauhi kertas. Ekstrimnya, saya menganggap kertas adalah musuh. Saya tidak akan menggunakannya kecuali memang benar-benar dibutuhkan.

Saya dan generasi seusia, dikatakan sebagai digital immigrant. Menurut technopedia, definisinya adalah an individual who was born before the widespread adoption of digital technology. The term digital immigrant may also apply to individuals who were born after the spread of digital technology and who were not exposed to it at an early age. Digital immigrants are the opposite of digital natives, who have been interacting with technology from childhood.

Kamis, 18 Agustus 2016

Dirgahayu Indonesia

71 tahun Indonesia (telah) Merdeka. Masing-masing orang berhak untuk memaknai dan merayakan nikmat kemerdekaan ini. Mulai lomba balap karung hingga bulu tangkis olimpiade, mulai paskibra hingga Archandra, ingin berbangga dengan ke-Indonesiaan-nya

Rabu, 17 Agustus 2016

Triple Bottom Line (TBL) - Perkenalan

Dalam konsep sustainable development, menekankan adanya integrasi yang sempurna antara economic productivity, social equity dan environment quality. Tiga hal ini dikenal dengan istilah Triple Bottom Line (TBL).

Frase ini dipopulerkan oleh John Elkington dalam bukunya Cannibal with Forks : The Triple Bottom Line of 21st Century Business. (Wikipedia)

Selasa, 16 Agustus 2016

Sustainable Development - Perkenalan

Sustainable Development secara definitif pertama kali dikenalkan oleh komisi yang bernama World Comission on Environment and Development (WCED). Komisi ini menghasilkan sebuah report, yang kemudian dikenal dengan nama Bruntland Report, yang berjudul Our Common Future. 

Jumat, 12 Agustus 2016

Ingin kembali

Beberapa hari yl, saya kebetulan menerima tamu istimewa. Prof. Stephen Morgan dan istrinya Ibu Indah Morgan. Stephen adalah Dekan Fakultas Ilmu Sosial di Univ. Nottingham, Seorang profesor dalam bidang Sejarah Ekonomi China. Profil lengkap bisa dilihat disini.

Yang membuat saya kaget, istrinya, adalah orang Indonesia asli, AREMA mboiss loop. Rumahnya di belakang Bioskop Irama, yang saya sendiri nggak ngerti itu dimana. (update : ternyata emang sudah tutup). 

Sabtu, 06 Agustus 2016

Daftar Jurnal Teknik Industri (Update)

Kata istri saya, menjadi seorang dosen tidak bisa lepas dari urusan publikasi artikel ilmiah di Jurnal tertentu. Masalahnya mencari jurnal yang masih aktif menerima, mereview dan menerbitkan gampang gampang susah. Dari curhatan kenalan saya, mengelola jurnal itu repot sekali dan ga ada uangnya. Jadinya lumrah kalo life cycle jurnal di institusi tertentu menjadi pendek. #nomention

Berikut adalah daftar jurnal, khususnya bidang Teknik Industri, yang masih aktif paling tidak hingga bulan Agustus 2016.

Minggu, 31 Juli 2016

Coba Coba

Sekarang usumnya lulusan. Para pembelajar beralih ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau ke dunia baru (kerja, nikah atau nganggur). Sesuatu yang sudah seharusnya dan siapapun akan/pernah melaluinya.

Kebetulan banyak teman saya di kampus baru saja selesai kuliah. Mereka pada galau dan mellow, galau gara-gara kuatir ga dapat kerja dan mellow karena ga bisa ketemu teman, udah pada sibuk sendiri. Dari ngobrol dengan mereka, ada hal yang menarik terkait dengan berburu pekerjaan.