Sabtu, 06 Agustus 2016

Daftar Jurnal Teknik Industri (Update)

Kata istri saya, menjadi seorang dosen tidak bisa lepas dari urusan publikasi artikel ilmiah di Jurnal tertentu. Masalahnya mencari jurnal yang masih aktif menerima, mereview dan menerbitkan gampang gampang susah. Dari curhatan kenalan saya, mengelola jurnal itu repot sekali dan ga ada uangnya. Jadinya lumrah kalo life cycle jurnal di institusi tertentu menjadi pendek. #nomention

Berikut adalah daftar jurnal, khususnya bidang Teknik Industri, yang masih aktif paling tidak hingga bulan Agustus 2016.




  1. Jurnal Teknik Industri (UK Petra) : Terakhir terbit Juni 2016 ; http://jurnalindustri.petra.ac.id/ ; Ini jurnal paling andalan untuk keilmuan Teknik Industri, Konon, susah banget untuk bisa publikasi disini. Doain ya, saya mau coba :)
  2. Jurnal Ilmiah Teknik Industri (Universitas Muhammadiyah Surakarta) ; Terakhir terbit Juni 2016 ; http://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/ ; Ini juga jurnal yang jos, meski belum terakreditasi (?). Diindex DOAJ, Citefactor dll.
  3. J@ati UNDIP (Universitas Diponegoro) : Terakhir terbit Mei 2016 ; http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti ; No comment :)
  4. Jurnal SPEKTRUM INDUSTRI (Universitas Ahmad Dahlan ; Yogyakarta) ; Terakhir terbit April 2016 ; http://journal.uad.ac.id/index.php/Spektrum ; Saya kok pengen banget bisa publikasi di jurnal ini ya? Apa gara-gara deket rumah? Penting?
Daftar diatas dibuat berdasarkan terbitan terakhir. 

(Update) : Jurnal Integra (Universitas Maranatha) ; http://majour.maranatha.edu/index.php/Integra ; versi Online tertulis terbitan terakhir pada Juni 2014, Namun, rekan saya menerima hasil revisi dan perbaikan yang harus dilakukan pada awal Agustus 2016 ini. Kesimpulannya, jurnal ini masih aktif. Saya menyarankan untuk berkomunikasi lebih dahulu dengan pengelola jurnal sebelum mengirim artikel, apalagi bagi Jurnal yang sudah lama tidak menerbitkan (versi online).

(Update) : Jurnal terakreditasi Periode I tahun 2016. dapat diunduh disini. Sedihnya, tidak ada Jurnal keilmuan Teknik Industri didalamnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar