Selasa, 04 Agustus 2015

Algoritma, Program, Pemrograman, Bahasa Pemrograman

Ini adalah asas bagi seseorang yang berminat, merasa nyaman belajar komputer.

Algoritma berasal dari kata dasar Al khuwarizmi. Ilmuwan muslim kenamaan. Adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah. Anda ingin masak mie-instan? Aktifitas Anda yang berurutan mulai dari menyalakan kompor diakhiri dengan mengaduk mie pada piring agar bumbu tercampur, dinamakan algoritma mie instan.


Algoritma membutuhkan pemroses (processors). Manusia, mesin, komputer, robot dsb. adalah pemroses algoritma. Jika kita ingin algoritma diproses oleh komputer, maka algoritma harus ditulis ulang menggunakan bahasa yang dipahami oleh komputer. Hasilnya dinamakan dengan program. Aktifitas perancangan, penulisan algoritma sehingga bisa dijalankan oleh komputer disebut dengan pemrograman, orangnya disebut dengan programmer. Bahasa komputer yang digunakan dalam menyusun algoritma disebut dengan bahasa pemrograman.

Intinya, satu algoritma dapat diselesaikan/didekati dengan berbagai bahasa pemrograman. Setiap programmer, mempunyai preferensi penggunaan bahasa untuk menyelesaikan sebuah algoritma.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar